• Bagaimana caranya mendapatkan sertifikat kompetensi secara gratis?

    By Duta Academy  10 Mei 2022 Artikel  170
    image

    Pelatihan Sertifikasi Microsoft Office menyediakan trainer untuk membantu Anda dalam mempersiapkan dan unggul dalam pekerjaan yang memerlukan ketrampilan maupun keahlian dalam mengoperasikan perangkat lunak ini. Dengan bukti pelatihan Microsoft Office dan sertifikasi di CV anda, anda akan siap untuk berhasil di berbagai bidang professional mengingat hampir semua perkantoran menggunakan Microsoft Office dan mensyaratkan calon karyawannya sudah memiliki kemampuan menguasi perangkat lunak ini.

    Namun sangat disayangkan sekali jika anda hanya sekedar mengincar sertifikatnya saja. Karena sejatinya sertifikat itu sebuah bentuk bukti dan penghargaan atas keberhasilan anda menguasai sebuah kompetensi. Sungguh sangat malu jika suatu saat kompetensi anda diuji pada situasi dan kondisi tertentu namun anda tidak bisa membuktikan bahwa anda kompeten. Sehingga perlu adanya pelatihan sebelum mengikuti ujian kompetensi tersebut agar anda lebih percaya diri dan menguasai kompetensi tersebut.

    Pada artikel ini, kita akan membahas apakah sertifikasi seperti ini bisa didapatkan secara gratis?? Mungkin saja ada, namun belum tentu diakui oleh lembaga yang kredibel. Jadi untuk itu kalau anda memangberniat menguasai kompetensi tertentu dan diakui oleh lembaga yang kredibel, anda sedikit banyak harus merogoh kocek agak dalam.

    Sertifikasi profesi bertujuan untuk memastikan kompetensi seseorang yang sudah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan maupun pengalaman kerja. Sertifikasi biasanya diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi memberikan jaminan bahwa orang yang menyandangnya telah mendapatkan standart kompetensi tertentu. Kredibilitas suatu sertifikasi sangat ditentukan oleh organisasi atau lembaga pemberi sertifikasinya.

    Di Indonesia ada BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang mengawasi konsistensi dan memiliki kredibilitas. Maka dari itu sangatlah esensial saat anda mempelajari sebuah kompetensi diikuti dengan uji kompetensi mumpuni yang bisa membuktikan bahwa anda kompeten. Misalnya saat saya mengikuti sertifikasi Senior Office Operator yang diakui oleh BNSP (badan nasional sertifikasi profesi), dengan berbagai uji kompetensi dan bukti pencapaian dari portofolio, akhirnya saya dianggap kompeten.

Artikel Terkait :