• Pentingnya Pendidikan dan Skill Dalam Dunia Kerja

    By Duta Academy  17 Juni 2022 Artikel  144
    image

    Pendidikan memang sangat penting dalam dunia kerja, Pendidikan bukan merupakan satu-satunya faktor yang dapat menunjang karier. Pendidikan tinggi tentu tidak akan berarti tanpa diimbangi dengan skill yang dimiliki. Oleh sebab itu, skill juga menjadi salah satu faktor saat ini untuk memasuki dunia kerja. Akan tetapi, manakah yang lebih penting antara pendidikan dan kemampuan? Simak pembahasannya berikut ini.

    Pendidikan

    pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, terutama menyangkut urusan karier dan pekerjaan. Banyak orang yang meyakini bahwa pendidikan merupakan faktor utama dalam karier atau kesuksesan seseorang. Selain itu, juga dapat menjadi pengukur tinggi/rendahnya status sosial bagi seseorang. Karena pandangan ini, banyak sekali orang tua ingin berusaha keras anaknya menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

    Pendidikan memang menjadi kebutuhan dasar banyak perusahaan akan menerima sesorang untuk bekerja. Latar belakang pendidikan adalah hal kasat mata yang dapat menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih pegawainya. Pendidikan juga salah satu cara yang termudah untuk menilai seseorang apakah layak untuk bekerja pada suatu posisi atau tidak. Menempuh pendidikan tinggi demi mendapatkan gelar yang diimpikan tentu tidak salah. karena, pendidikan memang menjadi salah satu tolak ukur yang dilihat oleh perusahaan-perusahaan di mana kita akan melamar pekerjaan. karena, dunia pekerjaan tidak hanya selalu tentang teori, akan tetapi juga butuh praktik secara langsung. Oleh sebab itu, ketimbang mengejar pendidikan setinggi langit dan mendapatkan gelar yang membanggakan, penting bagi kita untuk juga melatih kemampuan yang lahir dari pengetahuan dan pengalaman.

    Kemampuan

    Kemampuan adalah hal-hal yang bisa dilakukan, diketahui dan dimengerti, serta dikuasai oleh seseorang. Dapat diciptakan dari pembelajaran yang diterima dan pengalaman yang dialami oleh seseorang. Kemampuan dapat dimiliki seseorang tanpa harus mengikuti pendidikan formal sebelumnya.

    Banyak contoh yang dapat dilihat. misalnya, seseorang dengan jenjang pendidikan setara lulusan SMA / SMK tetapi memiliki posisi lebih tinggi daripada seorang lulusan Sarjana. Hal ini bisa terjadi jika Anda berada di perusahaan yang mengutamakan kemampuan dibanding hanya berbekal gelar semata. Berbeda dengan pendidikan yang kasat mata, perusahaan tidak langsung bisa melihat kemampuan Anda hanya dengan sekali atau dua kali wawancara maupun tes secara langsung, terlebih jika Anda adalah lulusan baru. Untuk itulah, beberapa perusahaan biasanya menerapkan masa percobaan kerja (probation) bagi para pegawai baru. Selama masa ini, tunjukkan kemampuan Anda sebaik mungkin karena mulai dari masa inilah skill Anda dapat berbicara lebih keras dibanding latar belakang pendidikan Anda. Walaupun begitu, Anda juga tetap harus belajar dari sekitar Anda agar dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik.

    Jadi, kesimpulannya adalah pendidikan merupakan sesuatu yang penting, terutama jika Anda mengejar profesi khusus tertentu. Pendidikan menjadi dasar untuk mendapatkan kemampuan serta pengetahuan melalui pembelajaran dan praktiknya. Meski demikian, banyak orang yang dapat mengasah kemampuan tanpa menempuh pendidikan tertentu dan kemampuan pun tak kalah penting dalam dunia kerja. karena itu, keduanya sangatlah penting dan patut dikejar sebelum Anda memasuki dunia kerja. Pendidikan tinggi disertai kemampuan dan pengalaman yang kaya adalah yang terbaik. karena, ilmu dan pengalaman bisa didapatkan di mana saja diluar pendidikan akademik asal Anda mau berusaha dan tidak mudah putus asa.

Artikel Terkait :